Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan Tulisan Dr. Robby Hidajat, M.Sn.

 

buku Teknik Menulis Kritik Seni Pertunjukan (Foto ist.)


Damariotimes. Di tengah semakin berkembangnya dunia seni, khususnya seni pertunjukan, pemahaman mendalam tentang bagaimana mengkritik suatu pertunjukan menjadi sangat penting. Buku "Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan" hadir sebagai bahan referensi yang mendasar bagi para pembelajar dan praktisi seni pertunjukan yang ingin mengasah kemampuan kritik mereka dengan pendekatan yang lebih ilmiah dan terstruktur.

Buku ini mengajarkan pembaca bagaimana mengamati, mendeskripsikan, dan mengevaluasi sebuah pementasan seni. Dengan wawasan yang disediakan, pembaca diharapkan dapat memiliki orientasi yang relevan dan tidak hanya melakukan penilaian berdasarkan impresi semata. Kritik yang dibangun berdasarkan observasi yang akurat dan evaluasi yang mendalam akan memberikan nilai lebih pada kualitas seni pertunjukan itu sendiri.

Selain itu, buku ini juga mengakui bahwa dunia seni adalah dunia yang terus berkembang. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara isi buku dengan perkembangan terkini dalam seni pertunjukan, terutama seni tari, pembaca diharapkan dapat menginterpretasikan dan menyesuaikan isi buku dengan bijak. Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan yang positif dan konstruktif, terutama bagi mereka yang masih berada di tahap pemula.

 

Tim Damariotimes.

10 komentar untuk "Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan Tulisan Dr. Robby Hidajat, M.Sn."

  1. keren sekali, topik ini sangat penting dalam dunia seni, karena kritik yang konstruktif dapat membantu seniman berkembang dan meningkatkan kualitas karya mereka.

    BalasHapus
  2. Pemaparan tentang buku “Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan” dalam artikel ini cukup membantu pembaca untuk mengetahui sedikit isi dari buku tersebut. Misalnya buku tersebut dapat membantu pembaca dalam mengasah kemampuan berkritik mereka dengan terstruktur, serta diharapkan dapat memiliki orientari yang relevan, sehingga dapat memberikan dampak positif dan konstruktif.

    BalasHapus
  3. Buku "Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan" penting bagi pembelajar dan praktisi seni pertunjukan. Buku ini mengajarkan cara mengamati, mendeskripsikan, dan mengevaluasi pertunjukan seni dengan pendekatan ilmiah. Kritik yang didasarkan pada observasi dan evaluasi mendalam memberikan nilai pada seni itu sendiri. Buku ini juga mengakui perkembangan seni yang terus berubah, meminta pembaca untuk menyesuaikan pemahaman mereka dengan bijak.

    BalasHapus
  4. Buku Teknik Penulisan dan kritik seni pertunjukan sangat membantu bagi mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang cara mengkritik suatu pertunjukan.Selain itu buku ini juga mengajarkan cara mengamati,mendeskripsikan,dan mengvaluasi pertunjukan seni.

    BalasHapus
  5. Buku tentang "Teknik Penulisan dan Kritik Seni Pertunjukan" menjadi alat penting bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan mengekspresikannya melalui tulisan yang terstruktur dengan baik, terutama bagaimana mengamati, mendeskirpsikan, dan mengevaluasi sebuah pementasan seni.

    BalasHapus
  6. Rahmadini Putri Saesaranti16 September 2024 pukul 06.30

    Dari artikel yang sudah disampaikan diatas yaitu dari buku tentang teknik penulisan dan kritik seni pertunjukan dapat membantu kepada para pembelajar yang ingin lebih mendalami untuk memahami dalam menyampaikan evaluasi, mendeskripsikan dan mengamati tentang pertunjukan seni.

    BalasHapus
  7. artikel ini sangat bagus untuk kitayang belom tahu menahu tentang teknik penulisan

    BalasHapus
  8. Ade Intan Cahyaning Putri30 September 2024 pukul 10.23

    Sebagai seorang pemula, buku ini sangat perlu untuk dimiliki karena dari buku ini kita bisa mempelajari tentang pengamatan, mendeskripsikan, mengevaluasi, dan mempelajari cara mengkritik dengan benar dari hasil observasi yang telah dilakukan.

    BalasHapus