LPPM Universitas Negeri Malang Gelar Observasi dan Persiapan Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa di Desa Duren, Trenggalek

 

mhas KKN di terima di kantor Kelurahan Desa Duren (Foto ist.)


Damariotimes. Trenggalek. Tanggal: 17 September 2024, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Malang, Drs. Anak Agung Gde Rai Arimbawa, M.Sn, mengemban tugas observasi dan identifikasi program kerja untuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) BKP Membangun Desa. Observasi tersebut berlangsung di Desa Duren, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa.

Dalam semester gasal Tahun Akademik 2024/2025, LPPM Universitas Negeri Malang berencana melaksanakan program KKN Tematik dengan skema pembangunan desa selama 6 minggu, mulai dari 23 September hingga 6 November 2024. Kegiatan ini akan diikuti oleh delapan mahasiswa yang terlibat langsung dalam pembangunan desa, dengan pendampingan dari satu dosen koordinator lapangan.

Mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini meliputi: (1) Ahmad Dliya'i Auliya (Pendidikan Teknik Informatika), (2) Ajeng Ramadhani Lailul Mas'udah (Pendidikan Teknik Informatika), (3) Praheka Juang Wicaksani (Pendidikan Teknik Informatika), (4) Rizal Dwi Pramudya (Pendidikan Teknik Informatika), (5) Kaza Efendi Saputra (Pendidikan Teknik Elektro), (6) Achmad Iffad (Teknik Informatika), (7) Ahfas Zein Azzidan (Teknik Informatika), dan (8) Pramesthi Anargya Putri Maharani

Kegiatan observasi ini berlangsung dengan hangat dan penuh antusiasme, diterima langsung oleh Kepala Desa Duren; Basuki Widodo, S.Si. Dalam sambutannya, Kepala Desa menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Universitas Negeri Malang atas kontribusi mereka melalui program KKN Tematik Membangun Desa. Program ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dan mendorong kemajuan pembangunan di desa, terutama dalam bidang teknologi dan pendidikan yang menjadi fokus mahasiswa peserta KKN.

Tujuan utama dari kegiatan KKN ini adalah untuk memberdayakan masyarakat Desa Duren, melalui berbagai program kerja yang diusulkan oleh mahasiswa dalam rangka menciptakan keberlanjutan pembangunan desa yang berbasis komunitas. Dengan bimbingan dari dosen koordinator, mahasiswa diharapkan mampu berkolaborasi dengan masyarakat desa, mengenali kebutuhan lokal, serta menawarkan solusi yang relevan, terutama di era digital saat ini.

Adanya program KKN Tematik Membangun Desa juga merupakan upaya nyata dari Universitas Negeri Malang untuk memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa. Ini menjadi langkah penting dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat pembangunan desa-desa di Indonesia.

Kegiatan ini menjadi langkah awal yang krusial dalam menyiapkan para mahasiswa sebelum terjun langsung ke lapangan pada 23 September 2024 mendatang, di mana mereka akan mulai melaksanakan program-program konkret yang telah diidentifikasi melalui observasi dan diskusi bersama pemerintah desa setempat.

 

Reporter : R.Dt.

Editor     : MAH

5 komentar untuk "LPPM Universitas Negeri Malang Gelar Observasi dan Persiapan Program KKN Tematik MBKM Membangun Desa di Desa Duren, Trenggalek"

  1. Kegiatan KKN tersebut sangat memberikan banyak manfaat, baik untuk mahasiswa yang melaksanakannya maupun warga yang diberikan kesempatan untuk menerima kegiatan KKN tersebut. Hal ini dikarenakan, project dari KKN ini akan dikontribusikan ke masyarakat setempat.

    BalasHapus
  2. Dapat di simpulkan mahasiswa memperoleh bantuan pemikiran, tenaga, dan IPTEKS dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan

    BalasHapus
  3. Dapat di simpulkan bahawasannya kegiatan KKN ini selain dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran dari mahasiswa, KKN juga dapat menguntungkan bagi para warga yg telah menerima para mahasiswa kkn di tempat pengabdiannya tsb.

    BalasHapus
  4. Dari hal tersebut daya menyimpulkan bahwasanya KKN selain menjadi pengalaman dan pembelajaran dari mahasiswa namun juga dapan menguntungkan bagi para warga setempat yg telah memberi kesempatan para mahasiswatersebut untuk mengabdi di desanya

    BalasHapus
  5. Kegiatan KKN tersebut sangat berguna bagi kami mahasiwi yang masi berada di semester awal sebagai gambaran

    BalasHapus