KKN Mahasiswa UM di Desa Belung, Poncokusumo Kabupaten Malang

di Desa Belung Kecamatan Poncokusumo Kab Malang (Foto ist.,)

 

Damariotimes. Pada tanggal 19 Juni 2024, sekelompok mahasiswa dari Universitas Malang (UM) memulai perjalanan mereka untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Belung, yang terletak di Kecamatan Poncokusumo. Dibimbing oleh Drs. AA Arimbawa, M.Sn., mereka tiba dengan semangat tinggi, langsung memasang banner posko dan berdiskusi dengan warga setempat untuk merencanakan kegiatan mendatang.

Keesokan harinya, tanggal 20 Juni 2024, mahasiswa mengunjungi balai desa untuk mendapatkan izin keliling desa dan mulai mengenal lebih dekat komunitas Desa Belung melalui keliling yang informatif dan ramah. Pada tanggal 21 Juni 2024, mereka berdiskusi dengan Pak Sudarma, Kepala Desa Belung, serta melakukan kegiatan membersihkan mushola sebagai bagian dari program pendamping mereka.

Tanggal 22 Juni 2024, mahasiswa melanjutkan dengan observasi objek wisata lokal, mengeksplorasi potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di desa ini. Spiritualitas juga turut menjadi fokus mereka pada tanggal 23 Juni 2024, dengan kegiatan khataman Al-Qur'an di mushola Baitussalam.

Selanjutnya, pada tanggal 24 Juni 2024, mereka aktif dalam piket di balai desa, membantu dalam administrasi seperti membuat Google Form untuk pengurusan surat-surat warga, serta mendukung survei pembangunan masjid di salah satu RT.

Kegiatan administratif terus berlanjut pada tanggal 25 Juni 2024 dengan pembuatan Google Form Pelayanan untuk mempermudah warga mengurus surat-surat di Balai Desa Belung. Pada tanggal 26 Juni 2024, mereka fokus pada pengembangan formulir pelayanan untuk meningkatkan efisiensi administrasi desa.

Tanggal 27 Juni 2024, mahasiswa terlibat dalam piket desa, membantu dalam administrasi penyaluran bantuan sosial serta mendukung kegiatan posyandu untuk ibu hamil. Pada tanggal 28 Juni 2024, mereka turut serta dalam verifikasi data penerima bantuan sosial.

Pada tanggal 29 Juni 2024, kegiatan melibatkan pendaftaran BPJS di posyandu balita, sementara pada tanggal 30 Juni 2024, mereka bergerak ke arah wirausaha untuk mendukung dana proyek dan administrasi desa.

Di awal bulan Juli, mereka fokus pada pembuatan e-KTP dan pengecekan data penerima bantuan sosial pada tanggal 1 Juli 2024, serta pendataan di posyandu bersama kader dan bidan pada tanggal 2 Juli 2024.

Tanggal 3 Juli 2024, persiapan untuk proyek penanaman sayur dilakukan bersamaan dengan pendataan di posyandu, sementara pada tanggal 4 Juli 2024, mereka terlibat dalam pendataan di posyandu lansia dan persiapan pembersihan makam, serta distribusi bantuan sosial di balai desa.

Komitmen mereka terus berlanjut pada tanggal 5 Juli 2024, dengan piket desa dan persiapan untuk proyek penanaman sayur, menunjukkan kontribusi aktif mereka dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa Belung.

 

Reporter  : R.Dt.

Editor      : MAH

 

 

Posting Komentar untuk "KKN Mahasiswa UM di Desa Belung, Poncokusumo Kabupaten Malang"