Kampung Wisata Topeng Jadi Tempat Studi Banding, PSM dan Pokdarwis Kota Malang siap Kolaborasi

        Damariotimes. Pekerja Sosial Masyarakat Kota Malang memperingati hari jadi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat yang ke 49 di Kampung Wisata Topeng Malang Desaku Menanti Dusun Baran Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sebanyak 145 PSM kota Malang bertandang ke Kampung Wisata Topeng untuk melakukan Wilujengan Kamulyan (selamatan dan tasyakuran) sambil mengikuti acara Gugur Gunung (kerjabakti gotong royong bersih bersih lingkungan) yang di gagas oleh Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata Kota Malang.
Mewarnai Topeng (Foto Ist.)
        Suharti Ketua PSM Kota Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa "Hari ini kita PSM se Indonesia melaksanakan apel PSM sekaligus melaksanakam kegiatan bakti sosial PSM". Tema yang kita angkat merajut Kebersamaan dan gotong royong menuju kesetiakawanan sosial, imbuh Suharti yang juga sekertaris Pokdarwis Kampung Topeng. Selain PSM se Kota Malang, hadir pula perwakilan seluruh pokdarwis kampung wisata tematik Kota Malang yang berjumlah 23 kampung beserta dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang dan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Malang.
        Syahrial Hamid Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang menyampaikan apresiasi kepada PSM dan Pokdarwis se Kota Malang yang telah bergotong royong membangkitkan kampung ini. "Memang awalnya adalah kampung pembinaan sosial masyarakat, tapi kini harus beralih menjadi pemberdayaan masyarakat, melalui kampung wisata nampaknya lebih cocok dan berdaya". Terima kasih Pokdarwis dan PSM sudah berkolaborasi di kampung ini.
Pemotongan Tumpeng (Foto Ist.)
        Setelah giat gugur gunung, acara dilanjutkan dengan doa bersama oleh Mahmudi Ketua Pokdarwis Kampung Wisata Topeng dilanjutkan dengan potong tumpeng oleh Lita Irawati Kabid Destinasi Disporapar Kota Malang yang di serahkan langsung kepada Bu Yuyun Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Malang tahun 2018 yang masih aktif membina masyatakat yang tinggal di Kampung Wisata Topemg Desamu Menanti ini.
        Acara gugur gunung dan wilujengan di suguhi dengan atraksi jaranan, rampak barong dari New Satrio Turonggo pimpinam Sandi yang merupakan warga Kampung Wisata Topeng ini dan menjuarai nomer 3 Festival Jaranan Kota Malang yang di selenggarakan oleh Disporapar Kota Malang dua bulan yang lalu.
        Dalam kesempatan itu pula Ki Demang selaku Ketua Forkom Pokdarwis Kota Malang menyampaikan bahwa Kampung Wisata Topeng ini memang layak untuk dikembangkan menjadi wisata kreatif kota Malang. "Sport foto topeng disini sudah banyak, pengrajin topeng juga ada, ataksi topeng dan jaranan juga maju" Jadi disinilah tempat studi banding bagi kota Kabupaten lain di Indonesia kalo mau meniru model pemberdayaan sosial masyarakat melalui kewisataan yang berbasis seni dan budaya.
 
 
 
Kontributor    : KD
Editor             : MAH

1 komentar untuk "Kampung Wisata Topeng Jadi Tempat Studi Banding, PSM dan Pokdarwis Kota Malang siap Kolaborasi"

  1. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga malang,karna dapat melestarikan budaya topeng Malang,dan menambah kreatifitas dalam melukis topeng.

    BalasHapus