Rembuk Unsur Estetika untuk Tampilan Festival Bantengan se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang


rapat rembuk unsur estetika Bantengan (Foto ist.)

Damariotimes. Malang, 2 Mei 2024. Dewan juri festival yang terdiri dari Sudarno ketua Paguyuban Bantengan se Kecamatan Kedungkandang, Jatmiko praktisi seni pertunjukan intertement, Dr. Robby Hidajat, M.Sn. akademisi dari Universitas Negeri Malang telah merumuskan bersama dewan juri yang terdiri dari, Jadmiko Adi Widodo seorang musisi dan konseptor intertemen, Sudarno; ketua komunitas Bantengan se Kecamatan Kedungkandang. Rapat teknis penjurian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kedungkandang (2/5/2024). Banyak aspek yang dipertimbangkan, mengingat dalam bantengan memiliki kompleksitas unsur yang melekat, ada seni gerak, imitasi gerak banteng, unsur pawang (penggambuh)/tukang seblak, unsur supporter (keamanan pertunjukan), dan juga unsur kostum, serta property kepala banteng, baik dari aspek seni rupa atau aspek pertunjukan.

Peserta harus diperlukan pemahaman, agar mereka benar-benar mampu dan menyiapkan diri agar berbagai unsur yang tampil dapat disiapkan secara maksimal. Oleh karena itu ada beberapa unsur yang benar-benar di ajukan untuk menjadi fokus penilaian, seperti banteng termbois, artinya dari sekian banteng yang tampik akan diamati satu banteng yang benar-benar menjadi andalam dalam beratraksi, demikian juga pendekar; yaitu yang dimaksudkan adalah tukang sebelak, mengingat tukang seblak ini yang dipandang sebagai pemimpin perjunjukan, mengarahkan perubahan dan dinamikanya, maka penghargaan pendekar atau penyeblak termbois ini akan didapatkan oleh salah satu grup, dan bukan atas nama perorangan, unsur yang sangat utama adalah koreografi Bantengan.

Point ini akan dilihat secara keseluruhan unsur yang tampil, maka upaya penataan yang terdiri dari kerapian, interaksi, konektivitas, variasi menjadi pemahan yang dimungkinkan dapat dipadu padankan secara artistik, yang berikutnya adalah kostum. Unsur ini adalah unsur visual yang benar-benar diperhatikan sebagai aspek tampilan yang dapat disiapkan peserta; mulai dari bantengan, tukang seblak, dan supporter/pengaman benar-benar dapat dirancang secara visual dalam bentuk kostum atau atribut tertentu yang ditampilkan.

 

Tim Damariotimes.

Editor : MAH

 

Posting Komentar untuk "Rembuk Unsur Estetika untuk Tampilan Festival Bantengan se-Kecamatan Kedungkandang Kota Malang"