Batik Jati Wonggo Balayudha dari Desa Jatirejoyoso Diperagakan di Bukit Bendera Penang Malaysia

        Damariotimes. Penang, 8 September 2023. Tim pengabdian kepada masyarakat yang mengembangkan potensi warga masyarakat Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Fokus penggalian pola batik di desa tersebut adalah ‘Topeng Malang’. Upaya pengembangan potensi warga masyarakat di Desa Jatirejoyoso ini ternyata sangat luar biasa, bahkan telah mempunyai kelompok pengembangan usaha yang disebut dengan sentra Batik Jati Wonggo Balayudha.
Muhammad Afaf Hasyimy memamerkan karya batik topeng Jati Wonggo Balayudha (Foto ist.)
        Produksi yang dirintis masih dalam tahap eksplorasi, namun tim pengembang yang diketuai oleh Dr. Robby Hidajat, M.Sn. sudah mulai menunjukan hasilnya. Karena tim peneliti secara khusus mefokuskan pada pengembangan desain, dan publikasi. Dr. Pujiyanto, M.Sn. salah satu ahli desain mengikuti pola kerja keterampilan para peserta kegiatan, bahkan sesekali memberikan dorongan dan bimbingan untuk meningkatkan pola kerja. Sementara Dr. Ike Ratnawati, M.Pd. ahli batik Banyuwangi juga memberikan arahan yang positif terhadap kinerja teknik pewarnaan.
        Secara khusus, di awal bulan September 2023. Tim peneliti membawa produk batik karya peserta pelatihan Batik cap desa Jatirejoyoso ke Penang Malaysia, Muhammad Afaf Hasyimy, M.Pd. alumni Keguruan Seni Rupa yang sekarang sebagai guru seni budaya di SMK Negeri 7 Malang mempunyai kesempatan memperagakan dan memamerkan karya batik Jati Wonggo Balayudha di Bukit Bendera Penang Malaysia.
        Batik yang diperagakan oleh Muhammad Afaf Hasyimy, M.Pd. di depan para pengunjung yang mendaki bukit Bendera dengan kereta kabel tersebut masih dalam tarap pengenalan, karena di Malaysia memang belum sangat populer pola batik yang warnanya tajam. Batik di Malaysia rata-rata bewarna soft, namun upaya ini benar-benar memberikan motivasi kerja produktif bagi para peserta pengabdian. Mengingat produk batik dari para pemula yang langsung dibawa ke luar negeri dapat dikatakan masih sangat langka.
 
 
 
Reporter        : Harda Gumelar
Editor              : S. Narwati

 

Posting Komentar untuk "Batik Jati Wonggo Balayudha dari Desa Jatirejoyoso Diperagakan di Bukit Bendera Penang Malaysia"