Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Departemen Seni dan Desain (DSD) FS UM Mampu Menampung 105 Mahasiswa Baru Angkatan 2023

        Damariotimes, mahasiswa seni pertunjukan (Tari dan Musik) yang diterima pada tahun akademik 2023/2024 pada PSTM DSD FS Universitas Negeri Malang berjumlah 105. Jumlah yang masih sangat besar, sungguhpun sudah mengalami penurunan. Karena satu program studi masih terus diupayakan dapat menjadi bagian pengembangan di lingkungan PSTM, yaitu program studi Pendidikan Drama. Program studi yang masih tinggi peminatnya adalah Pendidikan Seni Tari. Hal ini dikarenakan lapangan pengerjaan eksternal, sebagai penari masih sangat luas. Mengingat perkembangan Malang Raya sebagai tujuan wisata semakin meningkat.
Para dosen PSTM dan mahasiswa panitia PKPT tingkat prodi (Foto ist.)
        Dr. Wida Rahayuningtyas, M.Pd. Koordinator Program Studi yang merangkap Ketua Departemen Seni dan Desian menerima secara formal 105 mahasiswa baru pada hari Selasa, 22 Agustus 2023, pukul 1000-12.00 WIB di Gedung Kuliah Bersama (GKB) A-19.
Tari Beskalan Lanang menyambut MABA 2023 (Foto ist.)
        Aula yang dilengkapi audiovisual dan multimedia itu menerima mahasiswa baru dengan sangat nyaman, bahkan diawal acara juga disambut oleh kakak-kakak tingkatnya dengan persembahan tari Beskalan Lanang karya Ki Soleh Adi Pramono dari Padepokan Seni Mangundharmo Tumpang. Hartono, M.Sn. salah satu dosen seni musik, bidang seni karawitan menegaskan. Bahwa mahasiswa baru disambut dengan Tari Beskalan ini secara simbolis sebagai sebuah doa harapan, karena arti dari Beskalan adalah cikal-bakal. Mahasiswa baru yang sedang disambut secara resmi ini diharapkan menjadi bibit yang dapat bersemai bagus, unggul, dan berkualitas. Sehingga perkembangan seni budaya di Indonesia ini semakin tinggi nilainya. Selanjutnya Dr. Wida Rahayuningytas, M.Pd. memperkenalkan staf pengajar satu persatu, karena mereka yang beberapa hari ke depan akan bertemu secara langsung disetiap kelas. Sudah barang tentu diberikan bocoran, kebiasaan dan karakter dosen yang mereka akan temui, ada yang sabar, ada yang disiplin, dan keras, ada yang bersahabat, akan tetap sangat menuntut kualitas. Hal ini tentunya memang sangat membantu bagi mahasiswa baru agar mampu secara cepat beradaptasi. Di samping itu, materi yang disampaikan oleh Koorporodi PSTM adalah profil program studi, visi – misi, bahkan pada saat ini PSTM mempunyai status akreditasi LAMDIK: Unggul, bahkan juga terakreditasi internasional AQAS.
Para dosen PSTM foto bersama dengan MABA 2023 (foto ist.)
        Akhir pertemuan, para dosen berfoto bersama dengan mahasiswa baru yang beberapa saat nanti sudah akan memasuki masa studi. Semua dosen berharap, semoga niat belajar mereka mampu dipertahankan dan tentunya lancar dalam 7 semester lulus, semua mahasiswa berteriak ‘amin!!!” sambil tepuk tangan.
 
 
Reporter  : R. Hidajat 
Editor      : Muhammad Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik (PSTM) Departemen Seni dan Desain (DSD) FS UM Mampu Menampung 105 Mahasiswa Baru Angkatan 2023"