Tahukah Anda: Anak-Anak Berbakat Seni

        Damariotimes. Kita seringkali melihat adanya kecendrungan anak-anak yang memiliki bakat di bidang seni, seperti bidang musik, visual, tari, dan teater.
Memiliki keberanian menunjukan karyanya (Foto ist.)
         Anak-anak yang memiliki bakat seni mempunyai kemampuan yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya, ada sejumlah ciri-ciri yang dapat dikenali sebagai berikut:

  1. Kreativitas yang Tinggi
    Anak-anak yang berbakat seni memiliki kecendrungan mempunyai kemampuan berpikir kreatif, ide-idenya unik dan original. Mampu melihat dan memadukan berbagai elemen untuk menciptakan tampilan seni yang menarik dan bermakna.
  2. Observatif dan Teliti
    Anak-anak berbakat seni mempunyai kemampuan melihat detail, objek dan situasi di sekitar mereka menjadi sesuatu yang menarik perhatiannya, bahkan mempunyai kemamupuan untuk berkarya seni secara detail dan indah
  3. Kemampuan Ekspresi Diri
    Anak-anak berbakat seni memiliki kemampuan mengekspresikan diri dengan baik, tanpa ragu, seperti dalam bentuk gambar, musik, tari, atau teater. Mereka mampu mengungkapkan secara emosional, penghayatan, dan sangat personal. Oleh karena itu, anak-anak berbakat seni dengan percaya diri mau menunjukan karyanya pada orang lain.
  4. Minat Tinggi pada Seni
    Anak-anak yang berbakat seni memiliki minat yang tinggi pada seni yang disukai, aktivitasnya selalu terfokus pada bidang seni yang diminati, bahkan dapat merespon berbagai bentuk seni dengan positif, dan terlibat dalam berbagai aktivitas berkesenian.
  5. Mempelajari Seni dengan Cepat
    Anak-anak yang berbakat seni memiliki kemampuan belajar dengan cepat, bahkan untuk menangkap objek atau mengungkapkan idenya tampak tidak ragu-ragu, mampu menceritakan dengan lancar secara imajinatif.
  6. Memperhatikan terhadap Arahan
    Anak berbakat seni memiliki kemampuan untuk beradaptasi, cepat menirukan, dan menerima arahan yang sesuai dengan minatnya. Sehingga memiliki daya yang depat dalam menyerap pengetahuan dan keterampilan yang baru, dan dengan cepat menerapkannya dalam karyanya.

 Bagi para orang tua atau guru, dimungkinkan dapat mengenali ciri-ciri anak berbakat seni sejak dini, sehingga dapat memberikan dukungan dan mengembangkan (menyalurkan) bakat anak dengan tepat, sehingga anak berkembang dengan sangat baik. Orang tua dan guru dapat memberikan kesempatan pada anak-anak berbakat seni untuk terlibat dalam aktivitas berkesenian, seperti mengikuti ekstrakurikuler seni, kursus, menjadi anggota komunitas seni, atau berbagai jenis peningkatan belajar seni.



Reporter : R. Hidajat
Editor     : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Tahukah Anda: Anak-Anak Berbakat Seni"