Bagaimana Mulai Bisnis Makanan Ringan untuk Anak-Anak di Kampung

        Damariotimes. Memulai bisnis memang susah-susah gampang, tidak hanya tertantang oleh modal, namun menentukan untuk bisnis juga tidak jarang mengalami kesulitan. Katakan jika akan memulai bisnis makanan ringan untuk anak-anak di kampung, bisnis ini kecil, namun potensial dan menguntungkan, utamanya jika lokasinya berada di kampung atau daerah yang padat anak-anak. 

Memulai bisnis makanan ringan untuk anak-anak (foto ist.)
    
Anak-anak di kampung tentunya membutuhkan makanan ringan sebagai camilan sehari-hari, baik untuk teman nonton televisi, atau ngerumpi bersama teman-temannya. Jika anda ingin memulai bisnis makanan ringan untuk anak-anak di kampung, ada tips yang dapat anda pertimbangkan, sebagai berikut:

  1. Lakukan pengamatan pasar, agar anda memang dapat mengetahui jenis makanan yang disukai anak-anak di kampung. Buat observasi sederhana untuk mengetahui daya beli, dan berbagai hal yang membuat anak-anak benar-benar tertarik.
  2. Tentukan makanan ringan yang tepat dan disukai oleh anak-anak, misalnya: jenis kripik, kacang, atau jenis permen. Pastikan makanan tersebut enak, dan aman untuk dikonsumsi, sehingga dapat digunakan untuk mempertimbangkan perkembangan varian dari makanan ringan yang lebih menarik perhatian anak-anak.
  3. Tentukan harga yang terjangkau dan bersaing dengan makanan ringan sejenis dipasaran. Pastikan harga yang ditawarkan bersifat fleksibel, bisa dibeli secara satuan atau berbungkus. Sehingga pembeli dapat menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan daya belinya.
  4. Kemasan dimungkinkan dapat didesain semenarik mungkin, sehingga dapat membangkitkan selera anak-anak. Bahkan dapat membuat kemasan yang berbeda-beda agar hasrat anak-anak untuk memilih juga terpenuhi. Selain kemasan menarik, pastikan kemasan itu aman dan dapat melindungi makanan dari air, udara, dan atau kerusakan karena benturan.
  5. Promosikan usaha anda secara kreatif, misalnya menempatkan banner di depan toko. Bahkan dapat memanfaatkan media sosial, bahkan dapat dilakukan daya tarik dengan memberikan diskon khusus, sehingga orang tua dapat mempertimbangkan.
  6. Konsisten dan tekun dalam mengembangkan usaha, karena dalam proses perkembangan itu dapat menemukan banyak ide-ide, sehingga dapat digunakan untuk mengambil langkah strategis dalam meningkatkan bisnis anda.

Semua usaha bisnis tentunya membutuhkan perjuangan, pengalaman, dan kerja keras untuk dapat benar-benar memperoleh pasar, sungguhpun hanya untuk anak-anak. Namun jika benar-benar mengetahui dengan tetap selera dan kemampuan daya beli dan jangkauan pengembangannya. Maka dapat dipastikan secara perlahan memperoleh hasil yang benar-benar dapat dirasakan hasilnya. 
 
 
 
Reporter : R. Hidajat
Editor      : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Bagaimana Mulai Bisnis Makanan Ringan untuk Anak-Anak di Kampung"