Keindahan Pattaya Floating Market di Thailand

Damariotimes. Rombongan kunjungan kerja Senat Akademik Universitas Negeri Malang tidak melewatkan untuk menikmati destinasi wisata sungai; Pattaya Floating Market. Tujuan mengunjungi destinasi wisata ini, dengan pertimbangan bahwa mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang juga memiliki sungai-sungai yang besar, bahkan juga pernah menjadi pusat bandar berskala Internasional. Namun sekarang ini, sungai-sungai di Indonesia tentunya dapat dibudidayakan seperti halnya di Pattaya Floating Market Thailand.

Foto bersama di depan Pattaya Floating market (Foto ist.)

            Destinasi wisata yang memiliki gaya tradisional ini didirikan sejak 2008. Tentunya tidak terlalu lama untuk ukuran sebuah destinasi wisata. Namun mampu menawarkan petualangan untuk menikmati karakteristik eksotika masyarakat Thai. Pasar Terapung Pattaya menampilkan atraksi tepi sungai di Pattaya, bahkan memamerkan komunitas kehidupan tepi sungai kuno Thailand. Wisata yang sengaja di ciptakan seperti halnya Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, atau Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura di Kalimantan. Namun cara pengemasannya memiliki managemen wisata yang butuh untuk dikaji lebih mendalam. Setidaknya untuk civitas akademika di Universitas Negeri Malang yang memiliki program Departemen Seni dan Desain.

Pengunjung selalu menyempatkan berfoto (Foto ist.)

            Pattaya Floating Market ada wisata perahu Amfibi; perahu ini difungsikan kembali dari sisa masa Perang Dunia II. Masyarakat lokal menyebut perahu amfibi ini dengan sebutan “lem Choon”. Aslinya perahu untuk mengangkut produk pertanian dari Ayutthaya ke Bangkok melalui sungai Chaopraya. Wisatawan diajak untuk menyusuri pasar sungai kurang lebih 100.000 meter persegi, menampilkan lebih dari 114 tokoh berbagai barang dagangan, serta pedagang yang menjual di atas sampan. Bahkan selama menyusuri lokasi ini akan dapat menemukan banyak rumah makan, kios-kios, dan tokoh souvenir unik dengan harga yang terjangkau.

Menikmati rekreasi bersampan keliling (Foto ist.)

            Selama di Pattaya Floating Market tak putus-putusnya mengagumi sudut-sudut wisata yang berbasis air itu, bahkan rumah makan tradisional yang menyajikan makanan lokal, bahkan juga terdapat buaya BBQ.

Pedagang di atas sampan (Foto ist.)
            Atraksi musik dan seni permainan tradisional masyarakat Thai digelar setiap sore, sebuah pemandangan yang sangat menarik. Karena lingkungan yang eksotik, serta suasana menjelang sore hari yang benar-benar romantis. Pemikiran dalam menata atraksi wisata yang menarik untuk dikembangkan di Indonesia.



Reporter          : R. Hidajat
Editor              : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Keindahan Pattaya Floating Market di Thailand"