Kecak Pure Uluwatu Bali

DAMARIOTIMES - Kecak Ramayana di Pure Uluwatu Bali, salah satu tampilan dramatari untuk disajikan pada turis mancanegara. Sebelum pandemi Covid-19 salah satu destinasi wisata di lingkungan Pure Uluwatu di wilayah Bali Selatan ini sangat populer. Sekarang pada waktu PPKM destinasi ini ditutup untuk umum.


Adegan Hanoman di kerajaan Alengka (Foto: Ist) 


                Keunikan dari wisata pertunjukan ini adalah digelar ditempat terbuka, disebuah tebing yang dibaliknya merupakan laut lepas. Pertunjukan digelar di arena terbuka dengan penonton yang menyaksikan secara melingkar, tempat duduk bersusun yang mampu memuat lebih kurang 1000 penonton.

                Pertunjukan kecak Ramayana Uluwatu merupakan penampilan yang sangat eksotik, magis, dan terkesan spiritual, karena pertunjukan ini dilakukan hanya satu kali setiap hari. Pertunjukan dimulai pukul 18.00 WITA. Dan berakhir sekitar 19.00 WITA. Pada waktu akan berakhir matahari secara perlahan-lahan terbenam (Sunset) mengiringi pembantaian Rahwana oleh Rama dan Hanoman. Sungguh terkesan sangat tragis.

                Wisata pertunjukan ini menggabungkan antara lingkungan (Pure Uluwatu), waktu menjelang terbenam matahari, dan lakon wayang Ramayana yang dihayati oleh masyarakat Bali. Tari kecak merupakan sebuah pilihan untuk memberikan suasana natural, sakral, dan memberikan kesan magis. Namun di tengah-tengah pertunjukan juga ada tampilan yang menghibur, yaitu waktu Hanoman dibakar oleh para raksaksa di Alengka.

                Jika para penonton yang berkujung ke pertunjukan kecak Ramayana di Pure Uluwatu, dimungkinkan dapat dilakukan secara berombongan, atau sewa kendaraan umum. Setelah sampai dilokasi harus membeli karcis memasuki areal Pure Rp. 30.000,-/orang dan diberikan saput (pengikat pingggang) untuk laki-laki dan jarit dan saput untuk perempuan. Memasuki Pure ini tidak diperkenankan memakai pakian yang terbuka. Setelah harus mengantri karcis pertunjukan dengan membayar Rp.150.000,-/orang. (dapat dipesan secara online) jika akan dapat tiket harus mengantri, selambat-lambatnya harus sudah sampai di lokasi pukul 17.00. WITA. Karena antrian untuk mendapatkan tiket sangat Panjang, bahkan kadang pula tidak mendapatkan tiket. Karena rombongan yang telah memesan terlebih dahulu.



Reporter              : M. Sirojul Muniir
Editor                    : Muhammad ‘Afaf Hasyimy

Posting Komentar untuk "Kecak Pure Uluwatu Bali"